Monday 3 June 2013

Iran Hentikan Bantuan untuk Palestina karena HAMAS Dukung Mujahidin Suriah

Iran telah menghentikan bantuan untuk pemerintahan Gaza Palestina yang dipimpin HAMAS. Menurut laporan The Telegraph Iran biasanya memberi bantuan hingga  15 juta Lira per bulan untuk HAMAS. Jumlah itu setara dengan kurang lebih 81 miliar Rupiah.
Bantuan finansial untuk HAMAS dihentikan Iran sebagai hukuman bagi organisasi terbesar di Jalur Gaza itu. Iran kecewa kepada HAMAS setelah menemukan fakta organisasi yang didirikan Asy Syahid Syaikh Ahmad Yassin itu mendukung kelompok mujahidin Suriah.
Sebagaimana dilaporkan Bumi Syam, HAMAS telah menunjukkan komitmennya kepada kelompok mujahidin Suriah. Hal ini bukan karena ikatan politik antara HAMAS dan jaringan mujahidin di Suriah. Namun menteri luar negeri HAMAS, Ghazi Hamad dengan terbuka menyatakan hubungan mereka dengan oposisi Suriah adalah hubungan aqidah sebagai umat Islam berbasis Ahlus Sunnah wal Jamaah.
Ghazi Hamad, wakil menteri luar negeri Hamas, mengakui bahwa terjadi perbedaan pendapat serius terkait sikap politik antara Iran dan HAMAS mengenai revolusi di Suriah.
“Saya tidak dapat menyangkal bahwa sejak tahun 2006 Iran mendukung Hamas dengan uang dan banyak hal. Tapi situasi saat ini tidak seperti masa lalu. Hubungan kami dengan Iran sudah tidak baik lagi,” jelas Ghazi dikutip juga oleh Associated Press.

Redaktur: Shabra Syatila 

Share this

0 Comment to "Iran Hentikan Bantuan untuk Palestina karena HAMAS Dukung Mujahidin Suriah"