Monday 13 May 2013

Sebenarnya Siapa Yang Salah..!! Menurut Anda ???


Pemerintah dan regulator disalahkan terhadap turunnya kinerja keuangan operator telekomunikasi yang tercermin dari laporan keuangan perusahaan pada kuartal I/2013.

Wakil Ketua Komite Tetap Bidang TI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Teguh Anantawikrama, mengungkapkan regulatory charges berupa pungutan di daerah, biaya frekuensi, dan biaya lainnya sudah terlalu tinggi.

"Seyogyanya selalu diberikan insentif bagi operator telekomunikasi untuk membangun, dan bukannya disinsentif," ujarnya kepada merdeka.com, Jumat (10/5).

Menurut dia, regulator juga seharusnya menciptakan iklim yang mana operator tidak saling membunuh soal tarif, dan untuk itu harus ada kajian daya dukung ekonomi Indonesia terhadap jumlah operator telekomunikasi, karena sangat menentukan apakah ekosistemnya akan sehat atau tidak.

Menanggapi hal itu, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Gatot S. Dewa Broto, membantah kalau turunnya kinerja operator karena regulasi.

"Nggak benar penyebabnya regulasi, karena aturannya sudah baik. Bahkan sekarang BRTI dan Kemenkominfo secara intensif mengawasi kualitas layanan operator," tegasnya.

Sementara itu, anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Nonot Harsono, mengungkapkan penyebab turunnya kinerja operator karena tak siap dalam strategi penarifan seiring meningkatnya layanan data dari penyedia konten luar negeri dan menurunnya suara, bukannya regulasi.

"Kenapa harus menduga-duga atau merajuk bahwa regulasi tidak mendukung, dijajah diam saja, maka tunggulah kebaikan hati penjajah seperti menunggu langit runtuh," tuturnya.
[ega]
merdeka.com

Share this

0 Comment to "Sebenarnya Siapa Yang Salah..!! Menurut Anda ???"